Taman Purbakala Cipari, Bukti Peradaban Masa Lalu di Kuningan

Berada di Desa Cipari Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan terdapat lokasi sebuah museum yang unik yaitu Taman Purbakala Cipari. Konon di dirikannya Taman Purbakala Cipari ini adalah bermula dari seorang petani yang menemukan sebuah kapak batu diarea perkebunan yang sekarang menjadi lokasi Taman Purbakala. Kemudian dari sana mulailah penelitian dari tim arkeologi memulai penggalian di area Taman Purbakala.

Dari penggalian di lokasi Taman Purbakala ini ditemukanlah beberapa penemuan-penemuan bukti peradaban masa lalu. Diantaranya yang ditemukan dari lokasi Taman Purbakala ini adalah batu menhir, peti batu, manic-manik, pekakas dari tanah liat, kapak batu, kapak lonjong, kapak logam, gelang, dan lain-lain.

Semua temuan-temuan tersebut membuktikan bahwa Kuningan adalah sebuah wilayah dengan peradaban yang telah lama ada. Semua temuan-temuan dari hasil penggalian sekarang bisa kita lihat dan nikmati di etalase-etalase yang ada di dalam Taman Purbakala. Sedangkan dinamakan Taman Purbakala adalah karena tempatnya didesain seperti taman dengan hiasan batu-batuan sebagai pembatasnya dan menhir yang ditemukan disimpan dilokasi taman sehingga terlihat seperti tempatnya pada saat dahulu. Di Taman Purbakala juga disimpan peti batu yang merupakan peti mati orang-orang zaman dahulu. Total ada 2 buah peti batu yang disimpan di lokasi taman purbakala.

Untuk mendatangi Taman Purbakala Cipari cukup gampang karena kita tinggal mendatangi Desa Cipari yang berada di Kecamatan Cigugur. Ketika memasuki Desa Cipari terdapat Gapura yang sangat besar bertuliskan Taman Purbakala Cipari. Dari jalan raya sekitar 500 m menuju lokasi Taman Purbakala.

Di Taman Purbakala Cipari ini selain menjadi tempat belajar tentang peninggalan-peninggalan masa lalu, bisa juga sebagai tempat untuk photo-photo karena Taman Purbakala sangat menarik untuk dijadikan objek photo. Dengan batuan-batuan yang disusun sebagai pengganti pagar serta tanaman yang ditata rapi membuat Taman Purbakala Cipari Ini sangat indah.

Dengan banyaknya temuan-temuan bukti peradaban masa lalu dimulai dari situs-situs yang ada di hampir semua desa yang ada di Kuningan, serta temuan di Taman Purbakala ini betapa sangat lamanya peradaban di Kuningan ini. Kabupaten Kuningan bisa berbangga sebagai Kota Situs dan Budaya karena keberadaan dari situs-situs yang merupakan bukti dari Peradaban masa lalu.

Waja Kopi

Saya seorang traveller yang banyak mengunjungi wisata yang ada di dunia, come travel with me and stay tune on my blog! enjoy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar