HUCAP, Kupat Tahu Khas Kuningan

Olahan makanan penggabungan antara Tahu goreng dengan kupat hampir disetiap daerah memiliki keunikan dan kekhasan sendiri. Untuk nama pun setiap masyarakat memberikan nama yang berbeda di setiap wilayahnya masing-masing. Termasuk penyajiannya pun beragam dengan campuran bahan yang lain. Seperti olahan Kupat-tahu di daerah Cirebon, kita kenal dengan nama Ketoprak, disini Kupat-tahu dicampur dengan bahan-bahan lain seperti bihun, toge, timun dan diberi kerupuk.

Untuk di Kuningan sendiri olahan makanan Kupat-tahu lebih terkenal dengan nama HUCAP atau bisa juga berarti Tahu Kecap. Kenapa demikian karena HUCAP sendiri merupakan singkatan dari TAHU dan KECAP. Sebetulnya bukan hanya tahu dan kecap saja komponen dari HUCAP ini melainkan terdapat bahan-bahan lain yaitu bumbu kacang dan Kupat.

Hucap sendiri adalah makanan khas dari Kuningan dan orang-orang Kuningan biasa menyantapnya sebagai pengganti makan pagi (sarapan) atau makan siang. Hucap merupakan Kupat yang dipotong kemudian ditambahkan tahu goreng  dan diberi kucuran bumbu kacang dan kecap yang disajikan di piring dan dimakan menggunakan garpu.

Disetiap kecamatan di Kuningan khususnya di pasar-pasar tradisional  keberadaan pedagang  Hucap gampang kita temui khususnya di daerah Kota Kuningan banyak pedagang Hucap berjualan. Setiap pedagang Hucap memiliki resep turun temurun sehingga dari rasa setiap pedagang Hucap berbeda-beda. Sehingga pedagang Hucap memiliki pelanggan masing-masing karesa sesuai selera masing-masing.

Beberapa pedagang Hucap yang cukup terkenal di Kuningan adalah yang memiliki resep turun temurun dan telah lama berjualannya. Diantaranya adalah Hucap di samping pos Polisi Beringin taman kota, Hucap Ma Iroh, dan Hucap Ma Uki di pasar darurat. Untuk saya sendiri yang menjadi favorit adalah Hucap Ma Uki yang berjualan di Pasar Darurat, Ma Uki biasanya berjualan pagi hari dari jam 06.00 s.d jam 09.00 sehingga sangat pas untuk sarapan pagi. Saya menyukai Hucap Ma Uki karena memiliki rasa yang enak di Bumbu kacangnya. Hucap ma uki sendiri adalah langganan dari usia saya masih SD karena merupakan langganan keluarga juga.

Untuk para traveler jika berkunjung silahkan nikmati kuliner khas dari Kuningan bernama HUCAP ini. Untuk harga jangan khawatir karena harga satu porsi dari Hucap ini berkisar dari Rp.7.000,- s.d Rp.10.000,- tergantung di mana anda beli.

Waja Kopi

Saya seorang traveller yang banyak mengunjungi wisata yang ada di dunia, come travel with me and stay tune on my blog! enjoy :)

2 komentar:

  1. Yang paling mantap adalah hucap ma uki di jln ahmad yani pasar darurat

    BalasHapus
  2. Favorite selalu. Karena hanya ada di Kuningan.

    BalasHapus