Nasi Kasreng Luragung

Banyak orang yang belum mengenal tentang kuliner yang satu ini, meskipun kuliner ini asli dari Kuningan akan tetapi orang Kuningan sendiri lebih mengenal Nasi Jamblang dari Cirebon dibandingkan dengan Nasi Kasreng yang asli dari Kuningan.

Nasi Kasreng bisa kita jumpai banyak di jajakan di daerah Kecamatan Luragung, bahkan di Luragung terdapat tempat khusus untuk para penjual Nasi Kasreng yang buka 24 jam. Sedangkan untuk warung-warung makan yang menjual Nasi Kasreng dengan penyajian yang lebih menarik bisa kita jumpai disepanjang jalan menuju arah ke Kecamatan Cibeureum. Terdapat beberapa rumah makan dan warung-warung yang menjajakan nasi Kasreng disini mulai dari pagi sampai sore hari tidak seperti di daerah pasar Luragung yang berjualannya 24 jam.

Kuliner khas Kuningan ini sama seperti Nasi Jamblang dalam menjajakan lauk-pauknya yaitu semua lauk pauk disimpan dalam wadah-wadah yang kemudian para pembeli mengambilnya sendiri sesuai dengan yang dikehendakinya. Berbeda dengan Nasi Jamblang yang unik dengan daun jati sebagai pembungkus nasinya, di Nasi Kasreng ini nasi dibungkus dengan kertas nasi biasa tetapi dengan ukuran kecil-kecil seperti nasi kucing, jadi jika ingin kenyang minimal kita makan dua bungkus nasi.

Keunikan Nasi Kasreng terdapat pada sambalnya yang disajikan dengan touge serta terdapat udang rebon yang bisa kita taburi di atas nasi, untuk sambal dan   udang rebon penjual nasi kasreng tidak pernah menghargainya alias gratis. Yang harus kita bayar adalah nasi dan lauk pauk yang kita makan saja. Sehingga jika dompet kita sangat tipis makan nasi Kasreng bisa hanya dengan gorengan saja plus sambal plus udang rebon cukup mengenyangkan dan murah meriah.

Untuk lauk pauk yang menjadi andalan dari Nasi Kasreng dari Luragung ini adalah pepes ikannya yang jarang kita temui di daerah lain. Pepes ikannya menggunakan ikan beunteur sebagai isiannya. Beunteur sendiri adalah nama ikan kecil yang keberadaannya sudah susah sekali kita temui. Karena itu pepes beunteur menjadi primadona nasi Kasreng di daerah Luaragung ini. Sedangkan untuk lauk yang lainnya tersedia pula ayam goreng, ikan nila goreng, goreng tempe, goreng tahu, cumi-cumi, dan lain-lain.

Untuk penyuka kuliner, mengunjungi warung-warung atau rumah makan di daerah Luragung Kuningan bisa menjadi referensi makan-makan di akhir pekan. Atau untuk yang berada di Kota Kuningan juga kita bisa temui penjual Nasi Kasreng di sebelah timur taman kota atau depan kupat tahu ma iroh yang warung nasi kasrengnya buka 24 jam.

Waja Kopi

Saya seorang traveller yang banyak mengunjungi wisata yang ada di dunia, come travel with me and stay tune on my blog! enjoy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar