Kampung Bingbin Desa Cibinuang

Kecamatan Kuningan adalah Kecamatan yang berada di tengah Kota Kuningan, merupakan pusat dari wilayah Kabupaten Kuningan. Di Kecamatan Kuningan lah pusat perekonomian Kabupaten Kuningan berada, dengan di dukung oleh banyaknya pertokoan, Bank-bank negeri dan swasta, pasar, pusat perbelanjaan, restoran, rumah makan, sekolah-sekolah favorit, dan lain-lain. Sehingga meskipun kecil akan tetapi pusat Kuningan ini memiliki daya tarik tersendiri.

Meskipun Kecamatan Kuningan adalah Pusat dari Kabupaten Kuningan, akan tetapi masih terdapat pula beberapa desanya yang suasananya masih seperti desa-desa yang ada di daerah-daerah pinggiran. Salah satu desanya adalah Desa Cibinuang dan tempat yang masih terasa sangat asri dan menjadi tempat jalan-jalan saya adalah kampung Bingbin, masih di Kecamatan Kuningan tetapi keberadaan desanya masih sangat asri dan jauh dari keramaian Kota Kuningan karena letaknya yang berada di daerah dalam dan menuju ke desa ini kita akan melewati sungai serta bukit yang jauh dari kesan bahwa desa tersebut berada di pusat kota.

Untuk menuju Kampung  Bingbin kita bisa melewati jalan dari Desa Cibinuang atau bisa juga melalui Desa Citangtu. Nanti akan ada jalan yang menunjukan arah menuju kampong  Bingbin. Setelah kampung  Bingbin maka jalan akan terputus karena tidak ada jalan tembusan ke Desa lain karena letaknya yang berada di atas bukit, sehingga suasana disana masih cukup asri meskipun sebagian besar rumah-rumah disana sudah modern dan permanen. Untuk warganya sebagian besar petani, akan tetapi dari desa menuju sawah jaraknya cukup jauh karena sawah berada di bawah kampung mereka.

Seperti daerah  lainnya yang berada di daerah pebukitan yang menawarkan keindahan pemandangannya, di kampung  Bingbin pun sama. Disini banyak puncak bukit yang masih asri dengan perkebunan pinus serta area yang menawarkan keindahan alamnya. Untuk ketinggiannya sekitar 700 mdl . Jadi jika kita datang pada waktu sore hari disini bisa melakukan banyak kegiatan diantaranya adalah membakar ubi kayu, makan liwet bersama, bahkan bisa pula mendirikan tenda untuk kemping.  Jangan lupa pula dengan kamera karena jika waktunya pas kita akan mendapatkan pemandangan yang sangat luar biasa menakjubkan.

Menurut sesepuh kampung bingbin dahulunya kampung ini  bernama kampung cipeuteuy yang lokasinya dekat dengan kampung parenca Desa Longkewang Kecamatan Ciniru. Akan tetapi sekitar tahun 1930 karena tanah di kampung cipeuteuy pecah-pecah maka warga dari kampung cipeuteuy pindah ke tempat sekarang dan berubah nama menjadi kampung Bingbin, dinamakan bingbin karena dahulunya sekitar kampung ini banyak pohon bingbin (sejenis dengan pohon jambe tetapi lebih pendek.red.). Sedangkan untuk tempat kampung bingbin sebelumnya sekarang namanya menjadi sawah paimahan.  Untuk nama Bingbin sendiri secara filosofi berarti tempat untuk menenangkan pikiran dan menjernihkan pikiran.

Waja Kopi

Saya seorang traveller yang banyak mengunjungi wisata yang ada di dunia, come travel with me and stay tune on my blog! enjoy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar