Desa Tarikolot Cibeureum, Desa Peuyeum Kuningan dan Peternakan Sapi Limousin

Kali ini saya jalan-jalan bukan ke tempat wisata atau ke gedung bersejarah, melainkan jalan-jalan ke sebuah desa yang memiliki keunikan atau memiliki usaha unggulan yang menjadi sumber utama pendapatan warganya. Adalah Desa Tarikolot yang berada di Kecamatan Cibeureum yang menjadi tujuan utama jalan-jalan saya kali ini.

Desa ini saya pilih adalah karena kebetulan memiliki teman yang tinggal disini, dan dari kunjungan saya ke Desa Tarikolot Cibeureum ini saya mendapatkan informasi bahwa ternyata di Desa inilah berdirinya pabrik-pabrik peuyeum ketan khas Kuningan yang merupakan oleh-oleh yang wajib kita beli jika berkunjung ke Kuningan. Ada beberapa pabrik rumahan yang berdiri disini, dari awal hanya satu pabrik sekarang berdiri lebih dari 4 pabrik yang berdiri.

Peuyeum Ketan khas Kuningan adalah olahan dari beras ketan yang dipermentasi kemudian dibungkus dengan daun jambu air sebagai wadah pembungkusnya. Untuk Oleh-oleh yang merupakan khas Kuningan, Peuyeum ini di packing dengan ember hitam sebagai cirri khasnya. Ada ember besar dan ember kecil sebagai pilihannya.

Karena pembungkus dari peuyeum ini adalah daun jambu air, maka ketika saya berkunjung ke Desa Tarikolot Cibeureum ini sebagian besar di depan  rumah warga disana menanam pohon jambu air. Selain itu untuk mewarnai peuyeum ini adalah daun katuk sebagai warna alami, warga sana pun dirumah dan di kebun yang dimilikinya pasti menanam pula daun katuk. Hal ini mereka lakukan adalah dikarenakan daun jambu air serta daun katuk bisa mereka jual kepada para pengusaha peuyeum.

Bukan hanya sebagai tempat berdirinya pabrik-pabrik peuyeum, disini juga merupakan tempat peternakan sapi-sapi potong seperti sapi limousine dan sapi local untuk pembesaran. Jika mendekati hari raya Idul Adha maka desa ini menjadi tempat untuk mencari sapi potong untuk kurban. Di Desa Tarikolot ini karena berada di dataran yang cukup rendah maka ternak sapi pedaging ini menjadi pilihan mereka karena sangat cocok.

Ingin melihat dan belajar di pabrik pengolahan peuyeum serta ingin melihat ternak sapi pedaging yang besar-besar maka Desa tarikolot ini menjadi pilihan kita.

Waja Kopi

Saya seorang traveller yang banyak mengunjungi wisata yang ada di dunia, come travel with me and stay tune on my blog! enjoy :)

4 komentar:

  1. KISAH NYATA berbagi info..
    saya belum lama ini
    bulan juni 2016
    tepat di hari jumat (10-6-2016) sampai hari minggu (12-6-2016)
    KU DI TIPU
    MAKAM&SUMUR KERAMAT (KOSONG)

    rumah juru kunci (PALSU)
    a/n:Ading 36thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    (sering ganti no hp)
    ciri-ciri: orang kurus,kulit kuning sawo,tinggi 160+
    (PRAKTEK DGN BONEKA JENGLOT PALSU)
    melakukan pesugihan dana Goib
    di desa pagundan
    kampung dusun kliwon
    Rt.018 Rw.05
    kuningan (jawa)
    tempat tinggal istri ke 1(TUA)
    (anak 2 cowo)
    juru kunci (PALSU)
    a/n:Ading 36thn (PENIPU)
    mempunyai 3 istri
    selama menipu sebagai juru kunci PALSU 8 thn...

    MAKAM&SUMUR KERAMAT KOSONG
    (POSISI DI SAWAH)
    di makam keramat yg di sebut (eyang)
    oleh juru kunci(PALSU)
    ADING 36thn(PENIPU)
    aku di suruh duduk
    di sawangan(tenda) makam keramat
    yg hanya tumpukan batu kali
    tdk boleh tengok kiri-kanan
    ternyata hanya suara&tipuan
    juru kunci (PALSU)
    a/n:ADING 36 thn (PENIPU)
    081223871269 (sering ganti no hp)

    aku hari jumat (10-6-2016) sampai hari minggu (12-6-2016) melakukan ritual selama 3x..(Ritual)...
    sampai aku merogoh kocek ku sebesar 35jt lebih...
    membeli CERUTU JANGKRIK (komplit)
    35pcs x 600rb = 21 jt
    mebeli sesaji (komplit):
    nasi tumpeng
    buah,menyan,kembang dll
    sebesar 14jt lebih...

    juru kunci (MENIPU KU)
    a/n:Ading 36thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    alamat Rumah tinggal >>>>
    istri (MUDA) ke 2 anak 4 (3 cewek 1 laki)
    Desa sidarja
    kampung cisalak
    blok pahing
    kecamatan ciawi gebang
    kabupaten kuningan (jawa)
    Rumah a/n:Ading 36thn (PENIPU)
    yg mengaku juru kunci..
    di belakang sekolah SD negri
    turun lapangan bola
    sidaraja kuningan

    ku mengadakan Ritual dana goib
    hari jumat (10-6-2016) sampai hari minggu (12-6-2016)
    di makam keramat & sumur keramat
    di desa pagundan
    kampung dusun kliwon (KUNINGAN)
    selama 3x...(3 hari komplit sesajen)
    tepat ritual yg ke 3 hari minggu,
    juru kunci PALSU
    a/n: Ading 36thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    berkata di makam keramat,mengatakan uang dana goib,akan di antar langsung oleh arwah makam keramat
    desa pagundan kampung dusun kliwon
    Rt.018 Rw.05 (KUNINGAN)
    MAKAM&SUMUR KERAMAT KOSONG (POSISI DI SAWAH)
    tepat di samping rumah dan
    pabrik bawang merah...
    di makam keramat yg di sebut (eyang)
    oleh juru kunci (PALSU)
    ADING 36thn (PENIPU)
    aku di suruh duduk diam
    di sawangan (tenda) makam keramat
    yg hanya tumpukan batu kali
    kita tdk boleh tengok kiri-kanan
    ternyata hanya suara&tipuan
    juru kunci (PALSU)
    a/n:ADING 36 thn (PENIPU)
    081223871269 (sering ganti no hp)


    tepat jam 1 malam di Rumah aku
    tggu di jembatan ke5 dekat Rumah ku
    setelah melakukan ritual yg ke3x..
    (komplit sesajen dari ke 1x-3x)
    ku lansung bergegas pulang ke Rumah
    dan ku sampai di jembatan yg ke5
    hari minggu pkl 11 malam...
    ku tunggu,sambil baca mantra panggil arwah makam keramat
    ku baca mantra sampai pkl 3 subuh (minggu 12-6-2016)
    arwah makam keramat tak kunjung hadir/datang...

    juru kunci PALSU
    a/n:Ading 36 thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    ku tlp&sms juru kunci palsu itu
    tidak di angkat&tidak membalas sms ku sama sekali (ku di tipu)..

    hati-hati saudara ku !!!
    jangan mudah percaya,apa lagi baru kenal&mengaku juru kunci,paranormal,dukun dsb
    (modus penipuan)

    www.ading36thn_penipuan.com
    ciri-ciri: org kecil/kurus,kulit kuning sawo,tggi 160+
    praktek di Rmh sidaraja dgn (BONEKA JENGLOT PALSU)
    MAKAM&SUMUR KERAMAT KOSONG
    (POSISI DI SAWAH)
    tepat samping rumah&pabrik bawang merah
    desa pagundan kampung dusun kliwon
    Rt.018 Rw.05 (KUNINGAN JAWA)
    di makam keramat yg di sebut (eyang)
    oleh juru kunci (PALSU)
    ADING 36thn (PENIPU)
    aku di suruh duduk
    di sawangan (tenda) makam keramat
    yg hanya tumpukan batu kali
    tdk boleh tengok kiri-kanan
    ternyata hanya suara&tipuan
    juru kunci (PALSU)
    a/n:ADING 36 thn (PENIPU)
    081223871269 (sering ganti no hp)

    alamat rumah yg di tinggal&di tempati >>>>
    juru kunci (PALSU)
    a/n: Ading 36 thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    (PRAKTEK DGN BONEKA JENGLOT PALSU)
    istri (MUDA) ke 2 mempuyai
    anak 4 (cewe 3 cowo 1)
    desa sidaraja
    kampung cisalak
    desa pahing
    kecamatan ciawi gebang
    kabupaten kuningan (jawa)
    di belakang sd negri
    SIDARAJA KUNINGAN

    BalasHapus
  2. Buat yang berada di perantauan Yang Butuh Modal Usaha Atau Punya Utang Banyak,Minat Lewat Pesugihan Tanpa Tumbal Di jamin Aman Dunia Akhirat (Halal) ,telpon saja Ki Soleh Pati.
    (((PESUGIHAN PUTIH UANG NYATA DARI ALAM GAIB DAN NIKAH SIRIH WANITA CANTIK JIN MUSLIM)))
    Pengajar: Ki Soleh Pati.
    Hp. 085 289 336 667.
    Pesantren al-hikmah
    Besuki-situbondo-jawa timur.
    Jika anda mau ritual dirumah tanpa datang kepesantren.
    Syarat -syarat.
    -beli kain putih dan semprot dengan parfum.maka jin wanita akan siap membawa uang milyaran atau ratusan juta.
    —PESUGIHAN PUTIH DANA BAROKAH.AMAN DUNIA AKHIRAT TANPA TUMBAL.
    Cukup anda menyembelih hewan kambing sbg sesajen putih.anda akan dibawakan uang melimpah sama jin muslim.
    -NIKAH SIRIH SAMA WANITA MENAWAN SAMA JIN MUSLIM.
    Dengan menikahi jin muslim anda akan dibantu mencari perantara uang cepat kilat dan jin ini bisa berubah wujud desuai yang diinginkan sang suami/bisa seperti artis idola.
    (( Jika kambing dapat uang seratus juta dan jika sapi akan dapat 1-5 milyar lebih))
    Buktikan dan kami yakin anda akan bisa dan akan dapat uang melimpah dalam satu malam .
    Ini nyata dan terbukti.silahkan anda ritual malam ini dengan bimbingan jarak jauh via telpon di :
    085 289 336 667.
    Pengajar:Ki Soleh Pati.
    Hp. 085 289 336 667
    Desa silobanteng-besuki-situbondo-jawa timur.

    BalasHapus
  3. salam Rahayu Kisoleh pati..., harapan sy semoga ki soleh pati dapat membantu saya, berapa anggaran uang yg harus saya siapkan ?
    mudah2an sy mampu dan ada rizkinya utk biaya ritual.
    trimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya Suci Andini tinggal di Riau,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Kyai H. Sakti Mangunkarso tanpa pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah Riau,terimah kasih saya ucapkan pada Kyai H. Sakti Mangunkarso sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Kyai Sakti Mangunkarso beliau orangnya ramah ini nomor beliau 0852 1117 4125 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar

    BalasHapus