Pelangon Cirebon

Jika kita mau ke Sumber di Kabupaten Cirebon melalui mandirancan Kuningan, kita akan melewati sebuah kawasan yang dijadikan tempat wisata oleh pemerintah daerah Cirebon yaitu Pelangon. Ciri khas dari objek wisata yang satu ini adalah kehadiran monyet ekor panjang yang banyak berkeliaran secara liar disana. Bahkan monyet-monyet ini sampai berada di pinggir-pinggir jalan sekitar pelangon.

Karena letak dari Pelangon ini berada di pinggir jalan, sangat mudah sekali jika kita ingin berkunjung ke sana. Disediakan pula tempat parkir untuk kita berhenti sekedar melihat-lihat monyet yang banyak berada dipinggir jalan atau jika kita membawa makanan bisa pula diberikan pada monyet-monyet yang ada disana. Dipinggir jalan pun banyak penjual yang menjual makanan untuk monyet diantaranya yaitu kacang tanah. Monyet disana sangat menyukai kacang tanah.

Jika kita punya waktu luang, sempatkan pula untuk masuk ke dalam area Pelangon ini. Objek wisata pelangon ini bisa dibilang merupakan objek wisata religi. Di sini terdapat sebuah makam yang di keramatkan oleh masyarakat sekitar. Sehingga cukup banyak pula orang-orang yang berziarah ke makam ini. Untuk makamnya sendiri sangat terawat karena berada di dalam sebuah bangunan yang khusus sehingga makam disana terjaga dan tidak terkena hujan.

Pelangon sendiri merupakan sebuah bukit kecil yang masih sangat asri serta masih banyak tumbuhan yang tumbuh. Di puncak bukit terdapat makam serta area yang cukup luas untuk kita bersantai sambil melihat monyet serta member makan monyet disana. Di puncak bukit juga banyak terdapat penjual yang menjajakan dagangannya. Letaknya sendiri lumayan jauh dari pemukiman sehingga masih cukup asri.

Meskipun tidak bisa masuk ke dalam, keberadaan monyet-monyet ekor panjang yang berkeliaran di sepanjang jalan membuat objek wisata ini cukup terkenal. Apalagi untuk anak-anak melihat monyet secara langsung di alam liar sangat menghibur mereka.

Jangan lupa pula membawa kamera untuk mengabadikan moment kita disana, dapatkan pula moment – moment kita melihat tingkah laku monyet yang lucu di sana

Waja Kopi

Saya seorang traveller yang banyak mengunjungi wisata yang ada di dunia, come travel with me and stay tune on my blog! enjoy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar