Lembah Cilengkrang, Pemandian Air Panas Alami di Dasar Lembah

Kuningan dengan Gunung tertinggi di Jawa Barat yaitu Gunung Ciremai memiliki banyak sumber air panas alami yang ada  di beberapa wilayahnya. Ada yang sudah dikelola dengan baik dan menjadi pusat wisata dan pusat perhotelan seperti Air Panas Alami di Desa Sangkanurip. Ada pula yang masih alami dan berada di kaki gunung Ciremai tepatnya di Desa Pajambon. Lembah Cilengkrang adalah nama dari objek wisata pemandian air panas alami ini yang masih sangat alami dan berada di kaki gunung ciremai.

Selain terdapat pemandian umum dengan air panas alami yang keluar dari lubang-lubang, disini pula terdapat air terjun sehingga menambah menarik untuk dikunjungi. Untuk saat ini terdapat 3 kolam untuk berendam air panas alami dengan tingkat kepanasan yang beragam. Ada satu kolam yang sangat panas airnya ada pula yang cukup sedang panasnya sehingga bisa cukup lama berendamnya. Meskipun keberadaan dari kolam pemandian air panas alami ini berada di dasar lembah tapi sudah sangat tertata rapih dan terdapat pula tempat bilas dan ganti pakaian.

Untuk mengunjungi lembah cilengkrang sangatlah mudah, kita bisa lewat jalan sebelum Pasar Kramatmulya. Disana ada papan nama penunjuk menuju Lembah Cilengkrang yang berada di Desa Pajambon. Dari jalan raya sekitar 5 km menuju Lembah Cilengkrang di Desa Pajambon. Setelah sampai di Desa Pajambon kita lanjutkan perjalanan ke atas bukit menuju Lembah Cilengkrang. Disini terdapat tempat parkir mobil dan motor,  setelah itu perjalanan dilanjutkan berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km.  Meskipun jalan yang ditempuh cukup jauh tetapi semua itu terbayarkan dengan pemandangan yang akan memanjakan kita disepanjang jalan. Masih banyak burung-burung  liar menambah semarak perjalanan kita. Apalagi jika membawa teropong untuk melihat semua itu akan sangat menakjubkan. Jika cape dan lupa membawa air minum dan cemilan, jangan khawatir karena di sepanjang jalan terdapat pos-pos untuk istirahat dan terdapat juga warung-warung yang menjual makanan dan minuman ringan.

Tiket masuk menuju Pemandian air panas  alami di Lembah Cilengkrang cukup murah hanya Rp.10.000,-. Sudah termasuk asuransi kecelakaan pula. Setelah sampai di pemandian air panas silahkan berendam dengan nyaman ditemani suara kicauan burung dan melihat keindahan air terjun di dekat pemandiannya. Bahkan jika kita membawa telur mentah bisa kita rebus di mata air panas dan bisa sampai matang hanya beberapa menit.

Selamat berlibur di Lembah Cilengkrang Kuningan Jawa Barat.

Waja Kopi

Saya seorang traveller yang banyak mengunjungi wisata yang ada di dunia, come travel with me and stay tune on my blog! enjoy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar