Ketoprak, Olahan Kupat Tahu dari Cirebon

Setelah saya kuliner dengan olahan kupat tahu dari Kuningan yang dikenal oleh masyarakat Kuningan dengan nama Hucap. Kali ini saya wisata kuliner masih olahan kupat tahu tetapi bukan dari Kuningan melainkan yang dari Cirebon.

Untuk olahan Kupat tahu dari Cirebon masyarakat disana biasa menyebutnya dengan nama Ketoprak. Disini olahan kupat tahu disajikan dengan tambahan touge, bihun, timun, dan kerupuk sehingga sangat kumplit. Untuk olahan yang satu ini berbeda dengan Hucap Kuningan dimana Kupat dan Tahu di banjurkan dengan bumbu kacang. Di ketoprak ini bumbu kacang tidak di banjurkan melainkan di ulek terlebih dahulu dan kita bisa menyesuaikan seberapa banyak cabe rawit yang akan di campurkan.

Kalau  ingin membeli Ketoprak tidak perlu jauh-jauh ke Cirebon karena telah tersebar juga di mana-mana. Khusus untuk di Kuningan, jika kita ingin mencoba olahan Kupat tahu dari Cirebon ini bisa membelinya di depan Masjid Stadion Masud Kuningan. Penjualnya  telah jualan ketoprak cukup lama dan mas penjualnya asli orang Cirebon. Untuk rasa saya telah bandingkan di beberapa penjual ketoprak di sini yang paling enak. Tukang ketoprak di depan Masjid Stadion ini mulai berjualan pukul 09.00 dan sangat pas untuk dijadikan sarapan, makan siang atau makan sore.

Jika kita ke Cirebon langsung penjual Ketoprak sangat banyak sehingga tidak sulit untuk mencarinya. Untuk tampilan dari ketoprak hampir sama dengan Lotek karena bumbu kacangnya di ulek terlebih dahulu, yang membedakan adalah pada Ketoprak tidak dicampurkan sayuran-sayuran seperti Lotek.

Rasa dari Ketoprak sangat ditentukan oleh kecap yang dicampurkan, jika kecapnya terlalu manis atau terlalu asin rasa ketoprak akan berbeda. Termasuk pemakaian kecap dari pabrikan terkenal juga kadang membuat rasa yang berbeda. Dari semua kecap yang dicampurkan pada Ketoprak, hanya kecap tradisional olahan dari pabrik masyarakat Cirebon lah yang menurut saya pas dengan Ketoprak. Oleh karena itu penjual Ketoprak yang biasa berjualan di depan masjid Stadion Mas’ud Kuningan adalah yang memiliki rasa yang paling pas karena memakai kecap tradisional dari Cirebon langsung.

Selamat berwisata Kuliner, untuk harga dari Ketoprak cukup murah hanya Rp.7000,-.

Waja Kopi

Saya seorang traveller yang banyak mengunjungi wisata yang ada di dunia, come travel with me and stay tune on my blog! enjoy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar