Nasi Jamblang Mang Dul Khas Cirebon

Wisata kuliner yang saya kunjungi kali ini bukan berada di Kuningan melainkan di Cirebon. Kuliner kali ini merupakan makanan khas dari Kota Cirebon sendiri yaitu Nasi Jamblang. Untuk makanan yang satu ini bisa kita temui di hampir semua tempat di wilayah Cirebon, jadi tidak akan kesulitan kita untuk mencarinya.

Jamblang sendiri sebetulnya nama dari sebuah daerah di Cirebon. Konon di desa Jamblang inilah makanan khas Cirebon ini bermula. Jika kita melewati daerah Jamblang kita akan melihat banyak penjual nasi Jamblang menjajakannya di pinggir-pinggir jalan. Untuk saat ini Nasi Jamblang di jual bukan hanya di daerah jamblang melainkan sudah tersebar kemana-mana. Bahkan di Kuningan sendiri bisa kita jumpai dibeberapa tempat.

Nasi jamblang sendiri sebetulnya hanya nasi biasa dan tidak berbeda dengan nasi-nasi yang lainnya. Yang membedakan disini adalah penyajiannya yang unik yaitu pembungkus dari nasi adalah daun jati. Dengan dibungkus oleh daun jati makan nasi memiliki rasa yang lebih terasa nikmat. Selain itu yang menjadikan Nasi Jamblang berbeda adalah sambelnya dan beberapa makanan yang menjadi lauk pauknya yaitu Sayur Tahu petis, Goreng Paru, tempe goreng, sate telur puyuh, prekedel kentang, dan lain-lain.

Jalan-jalan dan wisata kuliner kali ini saya makan Nasi Jamblang tidak dilokasi aslinya yaitu di daerah Jamblang melainkan di Pusat Kota Cirebon, tepatnya adalah di Warung Nasi Jamblang Mang Dul yang ada di jalan Cipto tepat di daerah pertokoan pas perempatan jalan. Untuk Warung Nasi Mang Dul ini cukup terkenal di daerah Cirebon, saran dari saya jika kita ingin makan di sini adalah jangan ketika waktu makan siang tiba. Hal ini karena pada saat jam makan siang di sini akan sangat penuh dan siap-siap antri karena banyaknya orang yang makan.

Untuk kuliner Nasi Jamblang sekarang ini saya hanya pesan sayur tahu petis, sambel jamblang, sate telor puyuh serta goreng tempe yang memakai tepung. Untuk Nasi Jamblang yang saya pesan total harganya hanya Rp.13.000,-. Cukup murah untuk mengenyangkan perut kita ketika berkunjung ke Kota Cirebon.

Waja Kopi

Saya seorang traveller yang banyak mengunjungi wisata yang ada di dunia, come travel with me and stay tune on my blog! enjoy :)

3 komentar:

  1. Sy lg cari referensi liburan ke cirebon tks for artikelnya mas bro.....( ramerameseru.blogspot.com) klo Mau cari villa buat liburan kunjungi blog ane mas bro

    BalasHapus
  2. Sy lg cari referensi liburan ke cirebon tks for artikelnya mas bro.....( ramerameseru.blogspot.com) klo Mau cari villa buat liburan kunjungi blog ane mas bro

    BalasHapus