Cagar Budaya Nasional Paseban Tri Panca Tunggal

Selain Objek Wisata Alam sebagai destinasi wisata di Kabupaten Kuningan, jangan lupakan pula bahwa di Kuningan  memiliki wisata sejarah serta wisata budaya yang tidak boleh terlewatkan jika kita ingin mengunjungi Kabupaten Kuningan. Untuk Wisata Budaya di Kuningan kita bisa mengunjungi Gedung Paseban Tri Panca Tunggal di Kecamatan Cigugur serta   Masyarakat Adat Karuhun Urang Sunda (AKUR) yang masih memegang teguh dan melestarikan adat Budaya Sunda.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Gedung Paseban Tri Panca Tunggal ini adalah pada saat Upacara adat  Seren Taun yang rutin di adakan setiap tahunnya yaitu pada tanggal 22 Rayagung Tahun Saka Sunda. Untuk waktu  pelaksanaan menggunakan Tahun Saka Sunda sehingga tidak akan pasti tanggal berapa pada tahun masehi yang biasa kita pakai. Tapi bisa kita mencari informasi waktu pelaksanaan Upacara Seren Taun dengan patokan Hari Raya Idul Adha, karena biasanya pelaksanaan Upacara Adat Seren Taun dilaksanakan setelah Hari Raya Idul Adha atau sebelum Tahun Baru Islam.

Pada saat Upacara Adat Seren Taun banyak acara yang di tampilkan di sekitar area Gedung Paseban Tri Panca Tunggal, diantaranya adalah Damar Sewu, tari-tarian, Pentas kecapi, Karinding, tarawangsa, penanaman pohon, pentas wayang, pentas angklung , pengobatan gratis, dialog-dialog, dan lain-lain. Upacara Adat ini dilaksanakan selama 6 hari sehingga setiap hari memiliki acara yang berbeda-beda. Untuk Puncaknya pada hari terakhir adalah waktu yang paling dinanti karena hampir semua kesenian budaya sunda tampil serta acara terakhirnya yaitu upacara penumbukan padi secara bersama-sama. Upacara Adat ini jangan sampai terlewatkan karena bukan hanya wisatawan dalam negeri akan tetapi wisatawan mancanegara pun banyak yang datang pada saat Upacara Adat Seren Taun.

Untuk hari-hari biasa pun Gedung Paseban Tri Panca Tunggal terbuka untuk umum. Disini kita akan melihat masyarakat Adat Karuhun Sunda dengan pakaian adat sunda serta iket. Kita akan belajar banyak disini, diantaranya kita bisa belajar membatik dengan motif-motif khas Cigugur. Selain itu jika memungkinkan kita bisa pula berkujung ke pimpinan dari Masyarakat Adat Karuhun Sunda Paseban Cigugur yaitu Rama Djati Kusuma yang memiliki pengetahuan dan wawasan yang sangat luas. Kita bisa bersilaturahmi serta bertanya mengenai peradaban-peradaban khususnya peradaban Sunda dan Budayanya.

Setelah berkunjung ke Gedung Paseban Tri Panca Tunggal jangan lupa membeli oleh-oleh khas Budaya Sunda yaitu iket, baju pangsi, tas, karinding, angklung, dan lain-lain.

Waja Kopi

Saya seorang traveller yang banyak mengunjungi wisata yang ada di dunia, come travel with me and stay tune on my blog! enjoy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar