Pembuatan Paspor untuk Wilayah 3 Cirebon

Jika pernah membaca buku The Secret maka tidak asing dengan Hukum tarik menarik yaitu hukum alam dimana apa yang kita pikirkan atau fokuskan maka alam akan merespon dan menarik apa yang kita inginkan tersebut. Untuk yang mempunyai hobby traveling seperti saya maka tidak salahnya jika kita memimpikan untuk traveling ke seluruh dunia. Apa yang pertama kita lakukan jika kita ingin bisa keliling dunia??? Pertama adalah kita action untuk membuat paspor dahulu.

Untuk yang berada di wilayah 3 Cirebon dan sekitarnya seperti Kabupaten Kuningan, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, dan Kota Cirebon silahkan datang saja ke Kantor Imigrasi yang berlokasi di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa No.51 RT/RW 03/04 Kedungdawa, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat 45153.

Cara pembuatan paspor sangatlah gampang jika segala persyaratannya telah kita siapkan sebelumnya. Ada dua cara pembuatan paspor yaitu secara on line dan langsung. Berikut adalah tahapan jika ingin membuat paspor di kantor Imigrasi kelas 2 Cirebon :

• Pertama di rumah kita siapkan terlebih dahulu persyaratannya agar berkas kita di terima. Persyaratannya adalah photocopy ktp (jangan dipotong tapi tetap dalam ukuran f4), photocopy kartu keluarga, photocopy akta lahir/ijazah/surat nikah (pilih salah satu).  Jangan lupa kita cek dulu berkas kita dimulai dari nama, alamat, dan tanggal lahir semua harus sama persis. Di Kantor Imigrasi tidak ada toleransi sedikitpun salah sedikit atau nama kita berbeda meskipun satu huruf pun berkas kita tidak akan diterima. Solusinya adalah jika berbeda antara ktp dan kk dengan akta lahir saran saya adalah lebih baik kita ganti ktp dan kk kita dengan yang baru agar sama dengan  akta lahir.

• Setelah persyaratan siap jangan lupa bawa pula yang aslinya ke kantor imigrasi, usahakan datang pagi-pagi agar kita dapat no antrian awal. Kantor di buka mulai pukul 08.30 jadi usahakan pukul 08.00 kurang kita sudah di sana. Jika agak siang maka akan antri karena setiap harinya di batasi untuk pembuatan paspornya. Setelah dapat no antrian kita ambil juga formulir isian dan pergilah ke koprasi untuk membeli surat pernyataan yang telah diberi materai seharga Rp.8.000,-. Isi formulir dan surat pernyataan tersebut di koperasi kemudian kembali ke bagian berkas untuk di cek kelengkapan berkas kita.

• Setelah berkas di periksa dan dianggap benar maka kita akan diberi no antrian untuk sesi wawancara dan photo.

• Di loket wawancara berkas kita akan di periksa kembali dan di input. Sambil pemeriksaan berkas kita akan diwawancara sedikit mengenai alasan kita membuat paspor dan lain-lain. Setelah itu kita akan diberikan surat untuk melakukan pembayaran biaya paspor via transfer Bank BNI. Untuk biaya paspor umum 48 halaman biayanya adalah Rp.355.000,-.

• Setelah wawancara maka kita akan langsung di photo (pakailah pakaian berkerah).

• Disurat pengantar untuk transfer biaya paspor ada keterangan jika kita telah melakukan transfer maka paspor akan jadi 3 hari setelah melakukan pembayaran dan bisa langsung diambil di kantor imigrasi.

Sangat mudah bukan dalam pembuatan paspor??? Tidak perlu calo dan tidak ribet tinggal datang ke kantor imigrasi dan paspor akan jadi kurang dari satu minggu. Biaya pembuatan paspor pun kurang dari  hanya  Rp.355.000,- ditambah Rp.8.000,- = Rp.363.000,-.

Waja Kopi

Saya seorang traveller yang banyak mengunjungi wisata yang ada di dunia, come travel with me and stay tune on my blog! enjoy :)

11 komentar:

  1. Di legalisir enggak mas fotocopy nya?

    BalasHapus
  2. Mas kalo bayar'y langsung gak boleh ya...?

    BalasHapus
  3. Mas kalo bayar'y langsung gak boleh ya...?

    BalasHapus
  4. Ada yg bilang katanya bikin paspor di kenai biaya 2,5 juta, itupun melalui perantara org. katanya stlah bikin paspor di cirebon trus di oper lgi di jakarta.bner gk sih kok pake oper²an ky penumpang mobil angkot aja.atau itu mgkin alasan org perantara itu. mhon penjelasannya,trima ksih..

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum maaf jika lewat tempat ini saya publikasikan kisah sukses saya.. senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadaikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan Danah Gaib tanpa tumbal dari MBAH SUROPALA dan akhirnya saya menghubungi beliau. Kata MBAH SUROPALA pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan Danah Gaib. Tanpa pikir panjang semua petunjuk MBAH saya ikuti dan hanya 3 hari. Alhamdulilah akhirnya danah gaib yang saya minta benar benar ada di rekening saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya silahkan minta bantuan kpd beliau karna cuma beliau yg behasil membantu saya telpon MBAH SUROPALA di nomer +6285~319~483~234 ...


    BalasHapus
  6. Dlu.y pernah bikin paspor dan sekarang ingin di perbaiki dengan umur asli bener gk si sampai 6,5 jt biaya.y? Mohon info.y makasih

    BalasHapus
  7. Sya mau bkin pasport tp ktp sy hnya slmbaran kertas,apa bisa di proses?cs blanco nya slalu abis stiap datang ke capil

    BalasHapus
  8. Sya mau bkin pasport tp ktp sy hnya slmbaran kertas,apa bisa di proses?cs blanco nya slalu abis stiap datang ke capil

    BalasHapus
  9. mas kalau paspor saya sudah mati mau di perpanjang tapi masalah nya tahun nya beda dengan ktp sama paspor kira kira kena masalah gak ya mas .atau bisa di proses gak

    BalasHapus
  10. Saya mau perpanjang paspor.. tapi paspor saya dulu paspor TKI.. apa syarat yang harus saya bawa.. apakah di persulit di imigrasi.. saya sudah bekerja di indonesia

    BalasHapus
  11. sy mau buat paspor anak gimana cara nya?dulu ank sy lahir di malaysia lalu pulang ke indonesia pakai pasport splp,sekarang mau bikin pasprpor baru gimana cara nya dan apa saja persyaratan nya...?

    BalasHapus