Wisata Alam Sagarahiang

Jika kita senang dengan jalan-jalan yang seperti bertualang ke hutan dan senang dengan air terjun alami serta menyukai sejarah dan peradaban, maka Wisata Alam Sagarahiang adalah tempatnya. Disini kita akan disuguhi dengan berbagai macam objek wisata alam seperti wisata purbakala dimana terdapat situs-situs yang berusia ribuan tahun, jelajah curug alami yang masih asri serta terdapat pula curug (air terjun) yang rutenya sangat menantang, jugle tracking, Rappling, pengamatan satwa liar, camping ground, pendidikan dan penelitian, serta kedepan akan di bangun pula kampung karuhun sebagai objek wisata budaya sunda di Kuningan.

Untuk saya sendiri, hampir semua objek di Wisata Alam Sagarahiang sudah di kunjungi diantaranya adalah pertama yaitu Situs Lingga, jalan ke lokasi ini lumayan melelahkan tapi jika kita sudah sampai ke situs semua rasa lelah terbayarkan, suasana situs yang alami serta teduh membuat rasa lelah kita hilang seketika. Ada yang unik di situs ini yaitu batuannya sangat rapih tersusun serta memiliki bentuk yang tidak biasa yaitu bentuknya pipih tapi sangat simetris. Jika kita pernah ke Gunung Padang Cianjur maka kita akan melihat kesamaannya, karena batuannya memiliki bentuk yang sama.

Kedua adalah Situs arca sapi, disini kita akan melihat batu yang di pahat menyerupai seekor sapi yang sedang duduk. Ketiga adalah curug (air terjun), di Objek Wisata Sagarahiang ini saya telah mengunjungi dua curug yaitu curug panglengseran yang memiliki keunikan batuan di air terjunnya membentuk wajah manusia dan curug Kanteh yang rute menuju ke sana sangat seru karena lokasinya yang berada di lembah maka jalan untuk akses ke sana pun belum serapih ke curug panglengseran sehingga perlu ekstra hati-hati karena salah langkah maka bisa-bisa kita terjun ke jurang.

Ketiga yang saya kunjungi adalah Purna Jiwa, ini merupakan sebuah bukit dimana diatas bukit tersebut dahulu  kala pernah menjadi padepokan leluhur-leluhur Kuningan. Suasana diatas Bukit Purna Jiwa ini sangat tenang, cocok untuk orang-orang yang membutuhkan ketenangan batin.

Untuk akses ke lokasi Objek Wisata Ini cukup gampang meskipun medannya menanjak karena lokasinya yang berada di atas. Jika ingin mengunjungi Objek Wisata Sagarahiang ini patokannya adalah Alun-alun Kadugede dari sana silahkan bertanya pada orang-orang untuk ke lokasi ke Desa Sagarahiang Kecamatan Darma. Sebelum Alun-alun Kadugede juga ada plang nama penunjuk arah ke situs Sagarahiang. Kurang lebih sekitar 5 Km dari alun-alun Kadugede menuju Desa Sagarahiang.

Waja Kopi

Saya seorang traveller yang banyak mengunjungi wisata yang ada di dunia, come travel with me and stay tune on my blog! enjoy :)

1 komentar: